What is Happening

18 Mar 2017

Pengguna napza masih banyak mengalami kesulitan karena faktor sosial

Pengguna napza dalam kesehariannya harus menghadapi berbagai masalah. Baik dari sisi ekonomi dan sosial. Stigma yang menempel pada pengguna napza terus menyulitkan pengguna napza dalam pemenuhan haknya sebagai manusia. Termasuk di dalamnya adalah hak untuk mendapatkan pendidikan, pekerjaan, kesehatan dan banyak lagi.

Faktor norma sosial jadi salah satu faktor penghambat utama dalam hal pemenuhan hak kesehatan yang termasuk di dalamnya penanggulangan HIV dan AIDS. Untuk merespon hal tersebut, Pusat Penelitian HIV/AIDS Atma Jaya mengadakan Seminar mengenai Menyikapi Determinan Sosial dalam Penanggulangan HIV dan AIDS  di Indonesia pada: Kamis, 16 Maret  2017 di aula D Kampus Unika Atma Jaya. Aula D.

Dalam kesempatan itu Program Manager PKNI, Arif Iryawan menyampaikan masalah-masalah yang dihadapi pengguna napza yang menjadi determinan sosial dalam penanggulangan HIV dan AIDS, salah satu yang utama adalah kebijakan napza yang masih bersifat punitif. Salah satu rekomendasi yang dikeluarkan oleh PKNI adalah; Penelitian bebasis komunitas terkait penggunaan Napza dan kaitannya pada status kesehatan dan efek pengobatan.